Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PTFI Gandeng Pemkab Mimika Tanam Pohon di Bekas Tambang Grasberg

  • Bagikan
Foto bersama setelah kegiatan penanaman dan penghijauan di Kawasan bekas tambang terbuka Grasber PTFI. (Foto: Antarpapua.com/Benten)

Timika, Antarpapua.com – PT. Freeport Indonesia (PTFI) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika menyelenggarakan kegiatan penanaman pohon dan restorasi di area bekas tambang terbuka Grasberg pada Rabu (15/5/2024), Sebagai bagian dari perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni 2024 mendatang.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Divisi Lingkungan PTFI, dihadiri oleh Kepala Teknik Tambang (KTT) PTFI, Carl Tauran, serta Pelaksana tugas (Plt) Kepala DLH Kabupaten Mimika, Frans Kambu.

Dalam sambutannya, Carl Tauran mengatakan bahwa operasi tambang terbuka Grasberg telah selesai sejak tahun 2020, dan PTFI berkomitmen untuk terus melakukan reklamasi yang dimulai sejak tahun 1999 dan akan terus berkelanjutan.

Ia menambahkan bahwa PTFI memiliki target untuk mereklamasi sekitar 900 hektar, dengan 410 hektar telah direklamasi hingga akhir 2023.

“Kami berharap kerjasama yang sudah terjalin dengan pemerintah dapat terus ditingkatkan, sehingga komitmen PTFI dalam menjaga lingkungan hidup di area operasional dapat terus berlanjut dan lingkungan dapat pulih seperti sediakala,”ungkap Carl Tauran.

Baca Juga |  Wapres Tinjau Bakti Operasi Katarak dan Bibir Sumbing di RSUD Mimika

Sementara itu, Manager Highland Environmental PTFI, Yohan Sunyoto, menjelaskan bahwa kegiatan ini melibatkan penanaman 400 bibit pohon di area seluas 1 hektar, dengan partisipasi sekitar 200 peserta. Reklamasi ini difokuskan pada area timbunan batuan penutup, bukan bekas tambang langsung.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada manajemen PTFI dan DLH Pemkab Mimika atas dukungannya sehingga kegiatan ini dapat sukses,”ungkapnya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala DLH Kabupaten Mimika, Frans Kambu, menyampaikan apresiasi atas kolaborasi PTFI dengan pemerintah. Ini merupakan awal dari serangkaian kegiatan menjelang Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024.

“Ini adalah awal yang sangat baik, dan kami mengapresiasi PTFI atas kerjasama dengan pemerintah. Kami akan melanjutkan kegiatan penanaman pohon dari dataran tinggi hingga dataran rendah. Ini adalah bagian dari k3 yaitu, komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi. Penghijauan ini sangat penting bagi masa depan generasi kita,” ungkapnya.

Baca Juga |  Pemerintah dan PTFI Secepatnya Beri Bantuan Bencana Alam di Distrik Tembagapura

Berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 di lingkungan PTFI akan berlangsung mulai 15 Mei 2024 hingga bulan Juli 2024. Serangkaian kegiatan ini menegaskan komitmen PTFI dan Pemkab Mimika dalam menjaga dan memulihkan lingkungan hidup, serta meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan secara berkelanjutan. (Benten)

  • Bagikan