Sambut Hari Peduli Sampah Nasional, PTFI Bersama Pemda Mimika Gelar Aksi Bersih

  • Bagikan
Foto bersama usai kegiatan bersih kota dalam rangka menyambut hari Peduli Sampah oleh PTFI bersama Pemda Mimika dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) lakukan aksi bersih kota Timika, Sabtu (17/2/2024). (Foto: Istimewa for Antarpapua.com)

Timika, Antarpapua.com – Dalam rangka menyambut Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada 21 Februari 2024, PT Freeport Indonesia (PTFI) bersama Pemda Mimika melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) lakukan aksi bersih Kota Timika, Sabtu (17/2/2024).

Kegiatan yang melibatkan komunitas dan pelajar tersebut dipusatkan di lapangan Eks Pasar Swadaya Timika.
Adapun rute pembersihan sampah di Jalan Bougenville Eks Pasar Swadaya, Koperapoka, Serui Mekar, Budi Utomo dan Lapangan Eks Pasar Swadaya Timika.

Manager Environmental Central System & Project Enviromental Departemen PTFI, Pratita Puradyatmika mengatakan, PTFI berkomitmen untuk peduli terhadap lingkungan, melalui Departemen Envitomental. Selain melakukan pelestarian dan menjaga lingkungan, ada banyak kegiatan yang menjadi kegiatan rutin untuk memperingati semua hari-hari yang terkait dengan perayaan hari lingkungan salah satunya yaitu hari Peduli Sampah.

“PTFI berkomitmen dalam hal menjaga dan melestarikan lingkungan melalui program-program, salah satunya program perayaan hari-hari lingkungan baik dilakukan sendiri maupun berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah,”katanya.

Baca Juga |  Parade Foto: Waanal Brothers FC Kunjungi Departement Environmental PT Freeport Indonesia

Ia mengatakan dalam hal pengelolaan sampah pihaknya selalu berkolaborasi dengan Pemda Mimika selain melakukan bersih-bersih lingkungan. Pengelolaan sampah salah satunya daur ulang sehingga jumlah sampah, yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) berkuranng.

“Kita terus lakukan kolaborasi dengan Pemda Mimika dalam pengelolaan sampah. Kita melakukan program-program penyadar tahuan terkait bagiamana mengelola sampah dengan mengubah sampah menjadi sesuatu yang berguna seperti yang dilakukan di Kabupaten Banyumas,”tuturnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mimika, Frans Kambu mengatakan, kegiatan ini sebagai momentum baik dalam mengelolah sampah dan menyikapi sampah lebih baik agar kejadian serupa tidak terjadi lagi

“Selamat Hari Peduli Sampah, semogga momentum ini bisa menjadikan kita peduli sampah sebagai mana Tema kita tahun ini,”katanya.

Baca Juga |  Pemungutan Suara Pemilu 2024 di Area Kerja PTFI Berjalan Lancar

Menurutnya pengelolahan sampah terpadu dari hulu ke hilir, sehingga aman dari lungkungan. Oleh sebab itu ia mengajak kepada masyatakat untuk lebih lagi penanganan sampah plastik, dengan memperkuat stakholder bagaimana mengelola sampah plastik yang produktif untuk mencegah persoalan pencemaran lingkungan.

“Hal ini didorong oleh Kementerian Kingkungan Hidup dan Kehutanan yang mengusung tema nasional. Semoga momen hari peduli sampah ini bisa meningkatkan kesadaran kita terhadap sampah plastik,”ujarnya.

  • Bagikan