Seluruh Proyek Multiyears Pemkab Mimika Berakhir di Tahun ini

Antar Papua
Dominggus Robert Mayaut. (Foto: Marsel Balawanga/Antarpapua.com )

Timika, Antarpapua.com – Proyek multiyears atau tahun jamak pembangunan beberapa ruas jalan di Kabupaten Mimika berakhir di tahun 2024. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mimika, Dominggus Robert Mayaut, saat ditemui di Kantor Sentra Pemerintah SP 3,Senin (27/5/2026).

“Segmen satu berakhir tahun ini, pembangunan jalan Mile 32 -Gorong-Gorong-Pomoka, Mayon dan SP2 -SP5”,kata Robert.

Robert mengatakan dengan berakhirnya proyek multiyears tersebut bukan berarti seluruhnya telah selesai dibangun.

“Ada spot spot yang belum tertangani,misalnya di Mayon tanahnya belum beres nanti kita loncat. Bukan berarti selesai multiyears bukan berarti jalan mulus semua. Contoh di Gorong Gorong ada spot spot yang kita tidak bisa karena pengedaanya lahannya belum. PT Freeport belum memindah SUTET-nya, apa lagi kabel bawa tanahnya, dia memerlukan waktu yang cukup lama untuk pindahkan” kata Robert.

Baca Juga |  Misa Rekonsiliasi Tandai Resminya Perubahan Nama Kamoro Jadi Mimika Wee

Robert mengatakannya sesuai perencanaan, pembangunan jalan Mile 32-Gorong-Gorong-Pomako direncanakan menjadi jalan lingkar luar.

“Khusus Mile 32 ke Gorong Gorong perencanaan 2014, 2018 dia berlanjut terus sampai Pomoka sesuai dengan perencanaan. Itu nanti jalan lingkar luar, nanti kontainer ataupun apapun dia lewat situ”kata Robert.

Selain itu pihaknya juga telah membangun jalan jalan protokol atau jalan utama mendorong memacu pertumbuhan pembangunan.

Baca Juga |  Bupati Mimika: Kembalikan Pengelolaan Dana Otsus ke Provinsi

“Kalau teman teman lihat, memang kita harus bikin juga jalan protokol jalan utama, kalau kita bikin jalan begitu dia akan memacu pertumbuhan”kata Robert. (Marsel Balawanga)