Serum Konvalesen Terus Dibagikan Kepada Peternak Babi di Mimika

  • Bagikan
Kadis Disnakeswan Mimika , drh Sabelina Fitriani dan Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) drh Bakti Erma Surfani, di Posko Penanggulangan ASF, Selasa (6/2/2024). (Foto: Marsel Balawanga/Antarpapua.com)

Timika, Antarpapua.com – Pembagian serum konvalesen terus dilakukan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika, kepada para peternak babi, dalam rangka upaya pencegahan virus African Swine Fever (ASF) yang saat ini sedang terjadi di Kabupaten Mimika.

“Serum yang diberikan sudah 2.000, hari ini datang lagi 800 botol. Sebotol itu bisa disuntikkan kepada empat ekor babi dewasa,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika, drh Sabelina Fitriani, saat ditemui Timika, Selasa (6/2/2024).

Langkah-langkah pencegahan yang telah dilakukan pihaknya adalah pemberian serum pada ternak babi. Ia juga mengimbau, agar peternak wajib memperhatikan kebersihan kandang ternak miliknya.

“Tidak ada vaksinnya, yang kita lakukan adalah kita berupaya memutus rantai penyebarannya. Kita memutuskan dengan disinfektan, memberi anti body dengan serum konvalesen kemudian kita pemberian vitamin,”kata Sabelina.

Baca Juga |  Dinas Peternakan Gelar Rapat Koordinasi Bahas Penanganan Wabah Virus ASF di Timika
  • Bagikan