Tak Lagi Gratis, Kini Akses Lirik lagu Spotify Harus Langganan Premium

  • Bagikan
Ilustrasi. (Foto: Internet)

Antarpapua.com – Pengguna Spotify dikejutkan dengan pembaruan terbaru yang membatasi akses fitur lirik lagu, khususnya bagi mereka yang menggunakan akun gratis. Mereka yang mencoba mengakses lirik kini akan menerima pesan yang menyarankan untuk menikmati lirik melalui langganan Spotify Premium.

Langkah ini diadopsi serupa dengan pembatasan lompatan lagu per jam, di mana pengguna harus menunggu sebelum dapat melihat kembali lirik lagu. Fitur lirik pertama kali diperkenalkan oleh Spotify pada tahun 2019 dan telah diterapkan di hampir semua negara pada tahun 2021.

Namun, sejak September tahun lalu, pengguna mulai menyadari adanya batasan dalam mengakses fitur tersebut. Menurut CJ Stanley, Kepala Komunikasi Spotify Global, pembatasan ini adalah bagian dari uji coba rutin yang dilakukan oleh Spotify untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Baca Juga |  HyperOS Xiaomi Dituding Menjiplak iOS Apple, Mengapa Hal Ini Terjadi?

Menurut penjelasan Stanley kepada The Verge bahwa di Spotify, mereka secara rutin melakukan sejumlah pengujian, beberapa dari pengujian tersebut akhirnya membuka jalan bagi pengalaman pengguna kami yang lebih luas dan pengujian lainnya hanya berfungsi sebagai pembelajaran penting.

Spotify belum memberikan rincian mengenai pasar mana saja yang terkena dampak, jumlah pengguna yang terlibat, atau durasi uji coba ini. Namun, banyak pengguna di Indonesia yang telah merasakan dampaknya, menandakan bahwa Indonesia menjadi salah satu target uji coba ini. Meski demikian, pengguna masih memiliki alternatif untuk mengakses lirik lagu melalui aplikasi atau situs online lain seperti Genius yang menyediakan layanan lirik secara gratis.

Pada kuartal terakhir tahun 2023, Spotify mencatat lonjakan besar dalam jumlah pengguna aktif bulanannya, mencapai 602 juta, meningkat 23% dari tahun sebelumnya dan melampaui ekspektasi.

Baca Juga |  Fenomena Viral: Hidden Game di DM Instagram Membangkitkan Antusiasme Pengguna

Langganan Premium juga mengalami peningkatan 15%, mencapai 236 juta pelanggan. Pada tahun 2024, Spotify menargetkan peningkatan pengguna Premium yang lebih tinggi lagi, sehingga pembatasan fitur lirik ini kemungkinan bertujuan untuk mendorong lebih banyak pengguna beralih ke langganan Premium.

(*)

  • Bagikan