Tembus 500 Peserta, Timika Night Run Siap Digelar

  • Bagikan
Pihak penyelenggara kegiatan Timika Night Run, Mustofa (kiri) dan Aminudin (kanan) saat menggelar konfrensi pers di Mulo Cafe, Jalan Budi Utomo, Jumat (26/1/2024). (Foto: Antarpapua.com/Marsel Balawanga)

Timika, Antarpapua.com – Partisipasi warga Mimika untuk mengikuti Timika Night Run (lari malam) sangat tinggi. Hal ini terbukti sudah 500 lebih peserta telah mendaftar, untuk berpartisipasi dalam event akbar yang digelar Sabtu (27/1/2024) di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Penyelenggara kegiatan Timika Night Run, Mustofa, mengatakan bahwa kegiatan tersebut dalam rangka menyongsong Mimika Dance Carnival (MDC) tahun 2024, dan juga memasyarakatkan olahraga lari kepada masyarakat Mimika.

“Timika Night Run adalah perlombaan lari malam dan ini pertama digelar di Timika, dan mungkin di tanah Papua. Sampai hari ini kita sudah mendapatkan peserta sebanyak 530 orang peserta,” kata Mustofa saat menggelar konfrensi pers di jalan Budi Utomo, Kamis (25/01/2024).

Ia menyebutkan bahwa awalnya pihaknya sangat pesimis dengan pelaksanaan kegiatan itu, namun berkat dukungan dari berbagai pihak sehingga pihaknya sangat optimis dalam melaksanakan kegiatan ini.

Pelaksanaan Timika Night Run merupakan acara yang dibuat khusus bagi masyarakat Mimika, dan didukung oleh PT Freeport Indonesia (PTFI), PT Intan Angkasa, Bugar Nutri Club, PT Jasti Pravita, Pocari Sweat, Swiss-belinn Hotel, Marhani Digital, Horison Diana Hotel, Mulo, Diana Mall, Multindo, Lorenz Cafe dan MAC Car Wash sebagai sponsor.

Baca Juga |  Mimika Dance Carnival, Diharapkan Dapat Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Mimika

“Artinya kami merasa tidak sendirian, kami mendapatkan support yang luar biasa baik dari perusahaan maupun perorangan.
Kami juga mendapat dukungan dari Kormi Kabupaten Mimika dan Papua Tengah, Pengcab PASI Kabupaten Mimika dan Disporparbud Mimika” kata Mustofa.

Ia menegaskan, secara umum persiapan panita telah matang mulai dari pengamanan lintas lari, pihaknya melibatkan aparat Kepolisian Polres Mimika, Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Senkom, organisasi masyarakat dan juga panitia penyelenggara kegiatan.

Untuk tim kesehatan pihaknya juga melibatkan Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika dan juga PMI Mimika.

“Kegiatan ini merupakan karya anak Timika untuk Mimika. Karena ide ini berawal dari kelompok kecil, kemudian kita diskusi dan kemudian menjadi kegiatan ini,” kata Mustofa.

Dirinya berharap dukungan dari seluruh masyarakat Mimika, agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan sukses dalam penyelenggaraannya.

Sementara itu Ketua Panitia Timika Night Run, Aminudin, menjelaskan bahwa secara umum persiapan kegiataan ini telah mencapai 80 persen.

Adapun peserta kegiatan ini berasal dari luar Kota Timika, ekspatriat yang bekerja di PT Freeport Indonesia, warga Mimika khususnya Orang Asli Papua (OAP), yang juga ikut berpartisipasi dalam perlombaan ini.

Baca Juga |  Antusias Masyarakat Mimika Sambut Para Defile

“Start di depan Gelael, belok ke arah kiri pertigaan Diana, Timika Indah, lampu merah Hasanudin belok kiri sampai di lampu merah Timika Mall belok kiri lewat Jalan Yos Sudarso lewat Tiga Raja sampai finish depan Galael. Total Rute 7,2 kilometer estimasi waktu. Dari hasil simulasi kemarin, antara 30 sampai 1 jam bahkan yang serius berlari 20 menit,” kata Aminudin.

Lanjut Aminudin, door prize menarik satu unit sepeda motor dan uang puluhan juta. Medali untuk putra 50 finish pertama sama juga untuk putri. Tetapi ada 6 khusus untuk juara 1, 2 dan 3 putra putri dan uang pembinaan.

  • Bagikan