Threads Perkenalkan Fitur Baru Swipe kanan-kiri

Antar Papua
(Foto: Internet)

Antarpapua.com – Platform microblogging milik Meta, Threads, baru saja meluncurkan tampilan dan fitur baru untuk aplikasi mobile-nya. Fitur yang sebelumnya sempat diuji coba pada sejumlah pengguna ini, kini resmi dirilis secara bertahap. CEO Instagram, Adam Mosseri, melalui pengumuman di akun Threads-nya (@mosseri), mengungkapkan bahwa pengguna Threads sekarang dapat menggeser unggahan ke kanan atau kiri untuk menunjukkan ketertarikan terhadap sebuah konten.

Jika pengguna menyukai konten yang ditampilkan, mereka cukup menggeser ke kanan (swipe right) hingga muncul ikon hati. Sebaliknya, jika tidak tertarik, pengguna bisa menggeser ke kiri (swipe left) sampai muncul ikon mata yang dicoret, menandakan ketidaktertarikan terhadap konten tersebut. Mekanisme antarmuka ini mirip dengan aplikasi kencan online, Tinder, yang juga menggunakan metode geser untuk menunjukkan minat atau ketidaktertarikan.

Mosseri mengatakan bahwa mereka menggunakan sinyal swipe tadi sebagai metode untuk menunjukkan mana saja unggahan yang kalian suka dan geser ke kanan, serta mana yang kurang diminati untuk geser ke kiri. Ia pun berharap fitur baru ini dapat membantu pengguna untuk menemukan konten yang diminati.

Namun, berdasarkan pantauan Antarpapua.com pada Kamis, (12/6/2024), fitur ini masih belum tersedia di Indonesia. Pengguna di Indonesia yang membuka Threads belum bisa menemukan fitur geser kanan dan kiri tersebut. Kemungkinan, antarmuka baru ini masih diluncurkan secara bertahap untuk publik.

Baca Juga |  Kenali Beragam Jurusan IT dan Perbedaannya

Meskipun begitu, kehadiran fitur ini diharapkan dapat memberikan kontrol lebih besar bagi pengguna dalam mempengaruhi algoritma konten yang ditampilkan di Threads. Dengan demikian, semakin banyak konten yang sesuai dengan minat pengguna yang muncul, akan meningkatkan retensi dan keterlibatan pengguna di platform tersebut.

Fitur ini juga dianggap sebagai langkah positif karena selama ini algoritma Threads masih sangat bergantung pada Instagram. Konten yang diminati di Instagram juga muncul di Threads, meskipun preferensi pengguna di kedua platform tersebut bisa berbeda. Dengan adanya fitur swipe left-right, pengguna dapat membantu sistem algoritma Threads lebih baik dalam menentukan konten yang ingin dilihat.

Selain itu, fitur ini secara tidak langsung memaksimalkan fungsi Threads dalam menyuguhkan konten yang diminati penggunanya. Jika di masa mendatang Threads bisa menyesuaikan minat konten masing-masing pengguna, aplikasi besutan Meta ini memiliki potensi besar untuk bersaing, bahkan menggeser posisi X Twitter.

Threads juga berkomitmen untuk menghindari topik-topik politik di dalam platformnya, berbeda dengan X Twitter yang membolehkan diskusi bebas. Upaya ini dilakukan untuk menghindarkan pengguna dari “konten toksik” dan menyediakan lingkungan yang lebih nyaman dan aman untuk berbagi informasi.

Baca Juga |  Bahasa Pemrograman yang Paling Banyak Digunakan Saat Ini

Meskipun Meta dan Instagram belum menjelaskan secara rinci fungsi dari fitur baru ini, banyak pihak menduga bahwa kemampuan swipe ini bertujuan untuk memberi feedback pada tiap konten, sehingga membantu Threads memetakan keterlibatan konten pengguna dengan lebih akurat.

Bagi pengguna yang ingin mencoba fitur baru ini, diharapkan bersabar dan menunggu peluncuran secara resmi di wilayahnya. Pastikan aplikasi Threads Anda sudah diperbarui ke versi terbaru di Play Store (Android) atau Apple App Store (iOS). (*)

Cek juga berita-berita Antarpapua.com di Google News