Wabup : Pemkab akan Kembalikan Warga Yang Dievakuasi ke Tembagapura

Antar Papua
Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob saat ditemui wartawan di Gedung Keuskupan Bobaigo, Mimika. Senin (28/9). (foto:fachruddin aji/antarpapuanews.com

Timika, antarpapuanews.com – Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob mengatakan Pemerintah Kabupaten Mimika akan memulangkan warga yang dievakuasi kembali ke Distrik Tembagapura.

Warga yang dievakuasi diminta untuk bersabar terlebih dahulu, pasalnya Pemkab Mimika yang di bantu TNI Polri dan pihak PT Freeport Indonesia sedang mempersiapkan hal tersebut.

“Prinsipnya kita akan mengembalikan para warga ke Tembagapura hanya jika situasi aman dan damai,” kata Wakil Bupati Johannes Rettob saat di temui di gedung Bobaigo Keuskupan Timika, Senin (28/9).

Baca Juga |  Dewan Apresiasi Langkah Kadisperindag, Baiknya Benahi Dulu Fasilitas di Pasar Sentral

Wabup mengungkapkan rencana untuk mengembalikan warga tersebut telah di bahas secara serius bersama pihak TNI Polri dan Freeport. Bahkan Wabup mengaku sudah melakukan pertemuan tiga kali untuk membahas hal tersebut.

“Kami sudah bagi tugas jadi antara kami (Pemkab), PT Freeport, dan TNI, Polri punya tugas masing-masing,” ucapnya.

Menurut John, pemulangan para warga hanya menunggu waktu. Serta kesiapan dari berbagai pihak dalam upaya pemulangan tersebut.

“Tinggal menunggu waktu saja, jadi sabar dulu ya” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, lebih dari 1.000-an warga tiga kampung di Distrik Tembagapura diungsikan ke Timika awal Maret lalu. Setelah beberapa kelompok KKB dari wilayah pegunungan tiba di Distrik Tembagapura pada tanggal 4 Februari 2020.(Aji)