Warga Kwamki Narama Nikmati Jalan Terang di Malam Hari

  • Bagikan
Deretan tiang lampu jalan di Jl. Kanguru Kwamki Narama. (Foto: Wahyu/APN)

Timika, APN – Distrik Kwamki Narama kini sudah mengalami banyak perubahan. Khususnya untuk penerangan jalan, wilayah yang akrab dikenal dengan nama Kwamki Lama itu kini sudah terang benderang kala malam.

Untuk diketahui, perangan jalan di wilayah yang ia pimpin itu berkat bantuan pemerintah melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Mimika sebanyak 151 unit lampu.

Selain Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, ada juga bantuan 10 unit lampu jalan dari Dinas Perhubungan melalui Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Saat ini, sarana penerangan jalan itu sudah dinikmati oleh masyarakat setempat sejak akhir tahun 2022 lalu, yang dipasang di Kampung Landun Mekar hingga Kampung Tunas Matoa.

Masyarakat setempat mengaku, sudah sangat senang dengan adanya penerangan jalan tersebut. Dengan kebiasaan mereka biasanya duduk di jalan sambil bincang-bincang, atau sekedar menikmati malam sudah tidak takut akan tindakan-tindakan kejahatan. Karena sudah terbantu dengan adanya penerangan jalan.

“Sekarang sudah terang (kalau malam), di jalan-jalan, di lorong-lorong, di pasar ini juga kalau malam sudah terang, ada orang duduk jaga,” kata Yulianus, seorang warga saat ditemui di Pasar Tradisional Kwamki Narama, Selasa (9/5/2023).

Kepala Distrik Kwamki Narama, Naftali Edwin Hanuebi mengatakan, saat ini untuk operasionalnya pemerintah telah melimpahkan kewenangan kepada pemerintah distrik, untuk selanjutnya dilakukan pemeliharaan untuk keberlangsungannya ke depan.

Selanjutnya, pihaknya akan terus melakukan pemeliharaan rutin, untuk menjaga lampu dapat terus memberikan penerangan kepada masyarakat.

“Tapi dilihat dari jangka waktu dan masa lampu ini beroperasi sekitar 10 tahun, itupun kalau dirawat, dijaga. Lampu ini kan dia membutuhkan sinar matahari, jadi pastinya yang ada seperti pohon, dan lain-lain akan ditebang supaya panas itu masuk ke dia punya baterai, kalau tidak dijaga, tidak dirawat ya minimal tiga tahun, yang mahalnya baterainya,” terang Naftali saat ditemui di ruang kerjanya.

Naftali mengatakan, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan dalam tahun ini berencana kembali menyalurkan bantuan 70 unit lampu jalan di Distrik Kwamki Narama.

Nanti, lampu-lampu yang rencananya akan disalurkan itu dipasang di jalan menuju Puskesmas Kwami Narama, di jalur 2, Kelurahan Harapan, Distrik Kwamki Narama.

Naftali mengimbau kepada masyarakat Distrik Kwamki Narama, agar dapat menjaga sarana yang sudah diberikan oleh pemerintah untuk kemajuan wilayah tersebut ke depan.

“Kami imbau juga supaya kami jaga bersama, bantuan ini tidak datang dua kali terus nilai daripada satuan ini juga tidak mahal, kalau tidak dijaga, dikasih rusak ya kita sendiri yang rugi,” pungkasnya.

Penulis: WahyuEditor: Sianturi
  • Bagikan