Wujudkan Pemilu Damai, FKUB Mimika Gelar Doa Bersama

Antar Papua
Acara Doa bersama FKUB Mimika di Hotel Horison Diana, Sabtu (9/12/2023). Foto: Marsel Balawanga/Antarpapua.com

Timika, Antarpapua.com– Dalam rangka mewujudkan Pemilihan Umum ( Pemilu) 2024 yang aman dan damai di Kabupaten Mimika, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Mimika menggelar doa bersama PEMDA, TNI-Polri dan Seluruh Ormas se Kabupaten Mimika di Hotel Horison Diana Timika, Sabtu (09/12/2023).

Doa bersama tersebut mengangkat tema”Manusia Merencanakan Tuhan Menentukan” dengan sub tema merajut kebersamaan menuju Pemilu damai 2024.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Mimika, Yan Slamat Purba, dalam arahannya pada kegiatan tersebut mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi dan menyukseskan Pemilu 2024.

“Mengedukasi dan mengajak masyarakat berpartisipasi terhadap Pemilu,”kata Slamat.

Ia mengingkatkan kepada masyarakat, agar memilih sesuai dengan hati nurani dan menolak dengan tegas politik uang.

“Kita harus cerdas memilih pemimpin kita “kata Slamat.

Dirinya juga mengingatkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), agar tetap netral dalam Pemilu 2024. Dan Menyukseskan Pemilu yang aman dan damai adalah peran dan partisipasi seluruh masyarakat.

Baca Juga |  Panglima dan Kapolri Ikuti Deklarasi Pemilu Damai Bersama Elemen Masyarakat Papua

“Kita semua punya peran untuk mensukseskan Pemilu, menjaga Pemilu yang aman, damai dan kondusif,”kata Slamat.

Ketua FKUB Mimika, Ignatius Adii, dalam sambutannya mengatakan, FKUB Kabupaten Mimika berkomitmen ikut menjaga dan mendukung pelaksanaan Pemilu, yang aman dan damai di Kabupaten Mimika.

Ia berharap mereka yang terpilihnya nanti pada pelaksanan Pemilu, baik itu pemilihan legislatif baik di tingkat daerah hingga pusat dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan amanah.

“Agar setelah diberi nanti mereka masih ingat masyarakat terendah, itulah pemimpin yang dipilih oleh Tuhan. Karena jika tidak, maka pastinya mereka akan melupakan masyarakat setelah duduk di bangku legislatif,” kata Adii.

Adii mengatakan, FKUB sendiri tidak akan terlibat dalam politik praktis namun akan terus memantau dan mengawasi, agar pelaksanaan Pemilu berjalan dengan aman damai.

Baca Juga |  Panglima dan Kapolri Ikuti Deklarasi Pemilu Damai Bersama Elemen Masyarakat Papua

Ia mengingatkan, bahwa FKUB menentang tindak money politik dan akan selalu mengawasi hamba-hamba Tuhan, agar tidak melakukan kampanye di mimbar-mimbar rumah ibadah.

Oleh karena itu, dirinya mengajak kepada seluruh masyarakat Mimika agar bersama sama mensukseskan pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Mimika, agar berjalan dengan aman damai.

Acara kemudian, ditutup dengan doa bersama yang dibawakan oleh perwakilan lima agama yang ada di Kabupaten Mimika
Acara ini juga dimeriahkan penapilan sanggar seni lokal dan grup qasidah.